Dasar Gambar Teknik
Pengertian menggambar teknik adalah gambar yang bersifat tegas, terdiri dari garis-garis, simbol-simbol serta tulisan tegak yang telah disepakati atau mempunyai standar tertentu. Sebuah gambar adalah suatu bentuk goresan yang sangat jelas dari benda nyata, ide atau rencana yang diusulkan untuk pembuatan atau konstruksi selanjutnya. Gambar mungkin berbentuk banyak, tetapi metode membuat gambar yang sangat jelas adalah sebuah bentuk alami dasar dari komunikasi ide-ide yang umum. Pada dunia keteknikan gambar yang berkaitan dengan keteknikan disebut dengan gambar teknik.
Fungsi Gambar Teknik :
- Penyampaian Informasi
- Penyimpanan dan penggunaan keterangan (data teknis)
- Cara-cara pemikiran (perencanaan) data penyiapan informasi
Standar Ukuran Kertas Menurut ISO :
-A4à 210 mm x 297 mm
-A3à 297 mm x 420 mm
-A2 à 420 mm x 594 mm
-A1 à 594 mm x 840 mm
-A0 à 841 mm x 1189 mm
-A0 & A1 garis tepi 20 mm
-A2, A3 & A4 garis tepi 10 mm
Peralatan & Perlengkapan Menggambar :
- Meja gambar & kursi
- Penggaris segitiga (45° & 30°-60°)
- Pensil mekanik 0.3 & 0.5
- Mall huruf 0.3 & 0.5
- Kertas gambar & lingkaran
- Karet & mall penghapus
- Jangka & busur derajat
- Penggaris (min. 30cm)
- Rapido 0.1, 0.3 & 0.5
- Kalkulator
Macam-macam Garis & Kegunaannya
Garis-garis pembentuk dalam gambar teknik dibedakan bentuk dan ukurannya menurut bermacam-macam fungsi. Oleh karena itu pada lukisan-lukisan dasar yang akan dibuat hendaknya mulai menerapkan aturan ini.
Pembagian garis-garis gambar tersebut adalah sebagai berikut :
Teknik Menggambar Garis gores & Garis bertitik
Cara Pemberian Judul pada Gambar
Contoh Gambar Teknik
Jenis-Jenis Potongan :
- Potongan penuh
- Potongan setengah
- Potongan setempat
- Potongan meloncat
Gambar Perspektif dan Proyeksi Klik Disini
Aturan Dasar Penyajian Gambar Klik Disini
Proyeksi Ortogonal
- Garis-garis proyeksi sejajar
- Bidang proyeksi tegak lurus terhadap garis proyeksi
Pemilihan Pandangan :
- Pandangan Depan (Pusat)
- Memiliki pandangan maya paling sedikit
- Menunjukkan panjang dan tinggi benda
- Pandangan Atas
- Pandangan Samping (Biasanya kanan)
- Menggunakan pandangan kiri apabila garis yang tersembunyilebih sedikit
- Terkadang tidak diperlukan 3 pandangan untuk suatu gambarteknik
Pemilihan Pandangan :
- Pandangan Depan (Pusat)
- Memiliki pandangan maya paling sedikit
- Menunjukkan panjang dan tinggi benda
- Pandangan Atas
- Pandangan Samping (Biasanya kanan)
- Menggunakan pandangan kiri apabila garis yang tersembunyilebih sedikit
- Terkadang tidak diperlukan 3 pandangan untuk suatu gambarteknik
Isya Ansyari blog http://learnmine.blogspot.com/2013/06/dasar-gambar-teknik.html#ixzz2nLFRe417
semoga bermanfaat
Follow us: @_ansyari_ on Twitter | learnmine.blogspot on Facebook
'youtube' videos: 'the latest YouTube videos to - Videodl.cc
BalasHapus“The video game industry has a lot youtube video to mp3 converter to offer for “I have a fondness for Sega Genesis, and I've got a fondness for the Sega Genesis.